Informative Images

Oleh Dinda Khorotul Ummah

Filosopi Kopi adalah kumpulan cerita pendek yang dibuat Dewi Lestari sejak tahun 1995-2005.Di dalamnya terdapat 18 judul cerita pendek. Sinopsis ini hanya meringkas sebagian (9) cerpen. Untuk hal yang lebih detail dan lengkap, silahkan membaca kumpulan cerpennya.

Filosofi Kopi.

Cerpen ini menceritakan perjalanan 2 orang yang bernama Ben dan Jody. Mereka berdua bersahabat, kemudian membangun sebuah kedai yang bernama “Filosofi Kopi”. Kedai ini berada di daerah Jakarta dan menyuguhkan macam-macam kopi terbaik di Indonesia. Di dalam cerpen ini Ben dan Jody sedang menghadapi kesulitan. Di tengah kesulitan, mereka ditantang menyuguhkan kopi terenak oleh seorang pengusaha dan mereka dijanjikan mendapat hadiah. Tantangan tersebut diterima oleh Ben dan akhirnya ia mendapatkan hadiah dari pengusaha tersebut. Dia berhasil membuat kopi enak yang diberi nama “Ben’s Perfecto”. Kopi tersebut berhasil membuat kedai mereka ramai didatangi banyak orang dan membuat mereka banyak mendapatkan keuntungan. Suatu hari ada seorang bapak-bapak datang ke kedai mereka lalu mereka menyuguhkan Ben’s Perfecto. Ben bertanya kepada bapak tersebut bagaimana rasanya, lalu dengan senyuman tipis bapak tersebut berkata lumayan. Ben sedikit kecewa dengan pernyataan bapak tersebut dan terus menanyakan bagaimana rasanya bapak itu hanya berbicara lumayan.  Lalu Ben menanyakan pada bapak tersebut kopi yang seperti yang menjadi tandingan miliknya lalu bapak tersebut memberikan alamat seketika Ben Mengajak Jody pergi untuk mendatangi alamat kopi dari si bapak itu, sesampainya di sana Ben dan Jody kaget karena tempat tersebut hanya sebuah warung kecil dan ditinggali seorang yang bernama Pak Seno. Ben langsung memesan kopi yang bernama Kopi Tiwus. Saat Ben dan Jody meneguk kopi itu mereka tersadar bahwa kesederhanaan itu bisa menumbuhkan kenikmatan sedangkan selama ini mereka terus mengejar keuntungan dari kopi yang di jualnya. Ben langsung kembali ke Jakarta dan dia merasa kecewa pada dirinya sendiri lalu Jody berusaha untuk membangkitkan semangat sahabatnya.

 

  • Mencari Herman.

Cerpen ini menceritakan seorang perempuan yang bernama Hera yang terobsesi ingin mempunyai kenalan yang bernama Herman. Keinginan sederhana itu ternyata tidak sesuai dengan kehidupannya yang penuh dengan permasalahan hidup. Tahap demi tahap perjalanan mencari Herman tidak membuahkan hasil. Dia mencari Herman ditemani dengan seseorang yang dia panggil Abang. Abang ini pun berusaha mencari agar Hera bisa bertemu dengan keinginannya namun takdir berkata lain mereka belum bisa menemukan Herman yang mereka cari selama ini.

 

  • Surat yang Tak Pernah Sampai

Cerpen ini menceritakan tentang mengapa surat kamu tak pernah sampai karena surat itu untuk dirinya sendiri, dia ingin berdiskusi dengan diri sendiri ditengah kesendirian. Dirinya yang tak pernah mengerti, yang perlahan hancur secara bertahap. Dia mencurahkan segala perasaannya pada sepucuk surat tentang perasaan kepada seseorang yang dia cintai namun surat tersebut tak pernah sampai padanya.

 

  • Salju Gurun

Cerpen ini menceritakan pesan untuk seseorang agar tetap menjadi dirinya sendiri jangan sampai menjadi diri orang lain walaupun merasa sendiri tetapi harus tetap optimis dan orang lain akan terinspirasi karena dia berani bertahan dalam kesulitan dan berani menghadapinya meski sendiri karena dia berbeda dengan yang lain.

 

  • Kunci Hati

Cerpen ini menceritakan pesan bahwa kunci hati sebenarnya itu terisi oleh diri kita sendiri. Karena kebaikan ataupun kesedihan seseorang tergantung pada diri orang tersebut yang bisa menentukannya.

 

  • Sikat Gigi

Cerpen ini menceritakan dua orang yang bersahabat lama yang bernama Tio dan Egi. Tio sahabatnya sudah lama memendam rasa kepada Egi yang mempunyai kekurangan fisik namun Egi belum bisa menerima Tio karena dia masih berharap kepada seorang pria yang telah meninggalkannya. Setiap Egi menyikat gigi dia selalu melamun memikirkan pria itu Tio berusaha untuk meyakinkan Egi untuk melupakan pria itu tetapi Egi belum bisa menerima pendapat Tio. Tio selalu mengungkapkan perasaannya kepada Egi dia menerima kekurangan Egi dan berjanji akan membahagiakan Egi dan merawat Egi. Suatu ketika Egi pergi pulang selama setahun dia berpisah dengan Tio. Tio sangat rindu kepada Egi dan memutuskan untuk menemui Egi. Saat itu Egi sedang berada di sebuah taman Tio pun menghampirinya dan mengungkapkan perasaannya selama setahun tidak bertemu dengan Egi. Tio berharap Egi selalu ada di kehidupannya apapun yang terjadi baik itu bersahabat ataupun hidup bersama. Dan pada akhirnya Egi berkata kepada Tio bahwa Tio adalah kehidupan nyatanya dan dia tidak akan pergi kemana-mana lagi dan mereka pun hidup bersama.

 

  • Sepotong Kue Kuning

Cerpen ini menceritakan seorang pria yang bernama Lei dan seorang wanita yang bernama Indi. Mereka berdua mempunyai hubungan tetapi terhalang oleh istri Lei karena Lei telah menikah dan mempunyai anak. Indi terus berdoa dan berharap agar tuhan bisa mengabulkan segala keinginannya karena dia ingin sekali bahagia hidup dengan Lei. Setelah bertemu dengan Lei Indi merasa hampa namun dia harus mengerti bahwa Lei telah mempunyai dunianya sendiri begitu pula dirinya. Mereka berdua berencana untuk membuat surat palsu untuk skenario bubaran untuk menenangkan istri Lei yang mengamuk. Sebuah surat palsu yang membuat Indi tersiksa walaupun dia sadar ini hanya pura-pura saja, sekedar menuliskan pun rasa hati Indi sangat menyakitkan. Di saat Lei pergi Indi merasa dadanya sesak dan sulit untuk bernafas. Dia berusaha untuk mengendalikan sakitnya itu. Dia pernah pergi ke dokter dan dokter mendiagnosa bahwa dia stres. Indi selalu merasa beruntung karena hanya kepadanyalah Lei memberikan cinta dengan sepenuh jiwanya. Di saat Indi berbicara dengan bayangan di cerminnya dia sudah tidak tahan lagi dengan keadaannya lalu Indi menelpon Ari sahabat dekatnya. Ari pun langsung datang. Kemudian Ari merasa kesal karena sahabatnya selalu berharap kepada Lei padahal dia tidak pernah datang kembali kepada Indi. Ari berkata kepada Indi bahwa di luar sana masih banyak orang yang ingin bersama Indi dan mengingatkan Indi untuk melupakan Lei namun segalanya di tolak oleh Indi karena Indi masih ingin berjuang bersama dengan Lei. Namun hubungan mereka diketahui oleh istri Lei dan istri Lei pun mencoba untuk bunuh diri dengan meminum sebotol Valium. Disaat keadaan tersebut akhirnya Lei memutuskan untuk memilih istrinya dan meninggalkan Indi. Awalnya Indi sangat marah dan sedih sekali mendengar bahwa orang yang selama ini dia perjuangan memutuskan untuk memilih orang lain namun lama kelamaan Indi sadar dan berusaha untuk kembali hidup normal menemukan diri Indi yang sebenarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here