Pengertian musikalisasi menurut Salad (2015: 15) adalah  segala  bentuk dan jenis karya musik yang digubah, dibuat,  disusun  berdasarkan  teks puisi  yang  ditulis  oleh  penyair sebagai  karya  sastra  dan  telah dipublikasikan  melalui  media  masa.

Sementara itu Danardana (dalam Cahyani dan Prawiyogi, 2018: 2) menyatakan bahwa musikalisasi  puisi pada  hakikatnya  adalah  kolaborasi apresiasi  seni,  antara  musik,  puisi, dan  pentas.  Melalui  musikalisasi puisi,  seseorang  tidak  hanya mendapat  kesempatan mengapresiasi  puisi  dan  musik, tetapi  juga  mendapat  kesempatan mengekspresikan apresiasinya  itu  di depan  khalayak.

pengertian musikalisasi puisi

Pengertian Musikalisasi Puisi

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa musikalisasi adalah cara mengekspresikan kembali puisi menjadi sebuah pertunjukan dengan bantuan alat music. Alat music tersebut dipergunakan untuk menjelaskan isi puisi seperti suasana-suasana tertentu. Dengan demikian isi puisi bisa lebih tergambarkan dengan jelas saat disimak oleh orang banyak. Banyak juga puisi yang diberi nada utuh menjadi sebuah lagu seperti puisi “Sajadah Panjang” karya Taufiq Ismail yang dibuat menjadi lagu oleh Bimbo. Tujuan utamanya adalah menyampaikan isi puisi. Hal yang membuat berbeda antara musikalisasi dengan deklamasi dan membaca puisi adalah music. 

Jenis Musikalisasi Puisi

Dilihat dari cara penyuguhan musikalisasi puisi, Ari KPIN (2008:9) mengemukakan bahwa musikalisasi puisi bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis musikalisasi puisi yaitu:

  1. Musikalisasi puisi awal, yakni musikalisasi puisi yang dibawakan dengan cara pembacaan puisi yang dilatarbelakangi suatu komposisi musik baik musik vokal maupun musik instrumental.
  2. Musikalisasi puisi terapan, yakni musikalisasi puisi yang mana syair- syair puisi diterapkan menjadi lirik lagu. Sebagaimana halnya lagu- lagu populer pada umumnya.
  3. Musikalisasi puisi campuran, yakni  musikalisasi  puisi  yang ditampilkan dengan cara menyuguhkan komposisi musik yang di dalamnya ada sebuah puisi yang syair-syairnya ada yang dilagukan dan dinarasikan.

Baca juga: Pengertian Deklamasi Puisi,

Contoh Musikalisasi Puisi

Berikut ini beberapa contoh musikalisasi Puisi yang di bawakan oleh Dapur Sastra.

Video Musikalisasi Puisi “Aku Ingin Melukismu” Puisi Nenden Lilis A – Dapur Sastra

Video Musikalisasi Puisi “Hayya” Puisi Helvy Tiana Rosa – Dapur Sastra

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here