Pengertian Dramatisasi puisi menurut Sugiantomas (2016: 14), Beliau menyatakan bahwa dramatisasi puisi adalah resitasi puisi secara dramatis; dramatisasi puisi. Sebuah teks puisi yang memungkinkan untuk diberi beban sebagai bahan main peran dapat dipergunakan sebagai teks drama. Hal-hal yang dikemukakan di dalam teks puisi tersebut divisualisasikan sedemikian rupa serupa drama. Dengan media pembantu yang lain selain ujaran dan tubuh manusia. Tidak semua puisi cocok diekspresikan menjadi dramatisasi, tapi hanya puisi-puisi tertentu.

pengertian dramatisasi puisi

Sementara itu Hamzah (2019: 1) menyatakan bahwa dramatisasi puisi adalah proses apresiasi yang menggabungkan dua unsur genre sastra yaitu drama dan puisi. Karya puisi yang didramatisasikan harus memerhatikan banyak faktor dan melibatkan lebih dari satu orang. Faktor di sini antara lain penafsiran puisi dan unsur- unsur  pertunjukan.  

Baca juga: Pengertian Musikalisasi Puisi

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa dramatisasi puisi merupakan proses mengekspresikan puisi menjadi bentuk pertunjukan drama. Dramatisasi dilakukan oleh lebih dari satu orang dan mengusung konsep dramaturgi. Artinya setiap puisi yang telah di dramatisasi dalam penggarapannya tidak bisa lepas dari aturan-aturan dan konvensi yang ada dalam drama.

Cara dan Langkah-Langkah Dramatisasi Puisi

Seperti disebutkan di atas, dramatisasi puisi tidak terlepas dari konsep dramaturgi, perbedaannya terletak pada sumber naskah drama yang “didramakan”. Setidaknya membutuhkan beberapa langkah berikut untuk mendramatisasi puisi.

  • Proses pemilihan puisi
  • Analisa puisi secara menyeluruh dengan cara menangkap berbagai unsur puisi dalam puisi pilihan tersebut. Lakukan ini dalam kelompok diskusi, jika berencana mendramatisasi puisi dalam kelompok peran.
  • Lakukan parafrase puisi untuk memudahkan langkah selanjutnya
  • Ubah gaya bahasa puisi menjadi dialog yang terdiri dari beberapa peran.
  • Evaluasi kembali sebelum naik pentas.

Langkah-langkah dramatisasi puisi tersebut bisa dilakukan secara berkelompok atau sendiri, jika akan membawakan dramatisasi puisi secara individu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here