Pengertian deklamasi puisi menurut Acep Zam-Zam Noor (2018 : 37), Beliau menyatakan bahwa istilah deklamasi populer sebagai genre pelisanan puisi di panggung, terutama pada tahun 1950-an, ada kecenderungan umum bahwa teks harus dihapal, lalu intonasi vokalnya mendayu-dayu dengan irama yang monoton, ekspresinya sendu dan merintih-rintih.

pengertian deklamasi puisi

Deklamasi  adalah  salah  satu  cabang  seni  yaitu  “Seni  Deklamasi”  yang  meminta ketekunan, kesungguhan, dan ketenangan, hingga penikmat/pendengar dapat merasakan serta menikmati  keindahannya.  Ajip Rosidi (dalam Semadi, 2016: 172) menyatakan  bahwa  seni  deklamasi  adalah  suatu  seni  sastra  lisan  yang  disertai  dengan gaya,  mimik,  intonasi,  tempo,  dan  interpretasi  yang  baik.  Menurut  Hussyn  Umar,  seni deklamasi  ialah  seni  menafsirkan  kembali  ciptaan  seseorang  yang  disertai  ekspresi,  mimik (Semadi, 2016 : 172).

Dari pengeritian di atas dapat disimpulkan bahwa deklamasi sebagai cara menafsirkan dan mengungkapkan isi sebuah puisi dengan bantuan anggota gerak tubuh, mimik muka, dan mengujarkan puisi tersebut dengan lagu suara, tempo bicara, intonasi, dan sebagainya. Sehingga isi puisi itu dapat lebih diresapi orang lain. Didalam pendeklamasian biasanya deklamator menghafal seratus persen puisi yang akan dibacakannya itu. Pada hakikatnya sama dengan membaca puisi. Perbedaannya jika membaca puisi membaca teks puisi, maka deklamasi menghapal teks puisi. Hal itu sesuai dengan pendapat Sukaharsilawati (2018: 14)

Membaca puisi  adalah  salah  satu aktivitas  yang  dilakukan  dengan  cara membaca  dan  disertai  dengan  irama  yang diperlukan  melalui  membaca  puisi  atau membaca  puisi  dengan  teks.  Pembaca  dapat mengkomunikasikan  puisi  kepada  public, sedangkan  deklamasi  adalah  membaca  puisi tanpa teks. Apabila dilihat dari persamaannya adalah sama-sama melakukan aktivitas membaca. 

Baca juga: Pengertian Membaca Puisi Menurut Para Ahli

Atas dasar hal tersebut, langkah-langkah mendeklamasi dan penilaian deklamasi puisi sama dengan langkah-langkah dan penilaian membaca puisi. Langkah-langkah dalam mendeklamasi puisi yaitu memahami makna puisi dan bahasa puisi, memberikan penekanan, penjedaan, menentukan irama, durasi, repetisi, melakukan latihan dasar, dan menampilkan dengan percaya diri. Sedangkan penilaian utama penilaian utama dari membaca puisi terkait dengan aspek penghayatan, mimik dan gesture, pelafalan, intonasi, dan penampilan.

Baca juga: Langkah-langkah Membaca Puisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here