Membaca puisi memerlukan teknik tersendiri. Secara umum, dikenal 3 teknik membaca puisi seperti teknik vocal, sikap jasmani, dan penampilan. Noor (2018: 37) mengungkapkan bahwa membaca puisi seperti berkisah dan berpidato, membaca puisi juga mempunyai tiga hal penting: pertama teknis suara atau vokal, kedua sikap jasmani (seluruh tubuh dan angota anggota badan lainnya), dan ketiga cara penyampaian atau penampilan. 

3 teknik membaca puisi
Gambar: University of Georgia College of Education

Baca juga: Pengertian Membaca Puisi menurut para ahli

3 Teknik Membaca Puisi

Teknik vokal dimaksudkan agar vokal cukup keras, cukup jelas, dan cukup mengandung ekspresi  perasaan,  cukup bisa  menggambarkan  isi  pikiran,  cukup mengandung  irama  dan  melodi,  serta secara  keseluruhan  cukup  mampu merangsang  rasa  keindahan. 

Sikap Jasmani merupakan bagian yang sangat penting pula di dalam jenis kesenian ini. Membaca atau reading selalu bersifat menafsirkan, jadi harus ada ekspresi yang muncul dari pemahaman dan penghayatan terhadap  puisi  yang  dibaca.  Selama membaca dilakukan di depan hadirin, maka apa yang didengar dan dilihat dari si penampil menjadi faktor yang tak bisa diremehkan. 

Penyampaian atau Penampilan Gerakan yang dilakukan tergantung  ilham  atau  intuisi  dari  si penampil  selama  itu  indah  dan meyakinkan. Gerakan besar  atau  kecil  harus selalu dalam hubungan yang tepat dengan kata-kata  yang  diucapkan. Ketika tampil harus bersikap bebas, spontan, dan sejati atau otentik. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here